Minggu, 18 April 2010

G.I.S

Komponen GIS (Gographical
Information System)

Apa Itu GIS ?
 Sistem infomasi berbasis komputer yang menggabungkan:
 antara unsur peta (geografis) dan
 informasinya tentang peta tersebut (atribute)
 dirancang untuk mendapatkan, mengolah, memanipulasi, analisa, memperagakan dan menampilkan data spatial untuk menye-lesaikan perencanaan, mengolah dan meneliti permasalahan.
 Dilapangan cukup luas terutama bagi:
 bidang yang memerlukan adanya suatu sistem informasi tidak hanya menyimpan, menampilkan, dan menganalisa data atribut saja tetapi juga unsur geografisnya seperti PT. Telkom, Pertamina, Departemen Kelautan, Kehutanan, Bakosurtanal, Marketing, Perbankan, Perpajakan, dan yang lainnya.
Sistem komputer GIS
 Perangkat keras (hardware),
 Perangkat lunak (software) dan
 Prosedur untuk penyusunan pemasukkan data, pengolahan, analisis, pemodelan (modelling),dan
 Penayangan data geospatial.







Sistem Info Perancangan SIG

Sumber-sumber data geospatial
 adalah peta digital, foto udara, citra satelit, tabel statistik dan dokumen lain, yang dibedakan:
1. Data grafis/geometris, mempunyai tiga elemen: titik (node), garis (arc) dan luasan (poligon) dalam bentuk vector ataupun raster yang mewakili geometri topologi, ukuran, bentuk, posisi dan arah
2. Data atribut/data tematik
 Fungsi pengguna berguna untuk memilih informasi yang diperlukan, membuat standar, update data yang efisien, analisa output untuk hasil yang diinginkan serta merencanakan aplikasi.
Subsistem Utama GIS
1. Sub-sistem Masukan, Perangkat untuk menyediakan data sampai siap dimanfaatkan oleh pengguna; yang berupa peralatan pemetaan terestris, fotogrametri, digitasi, scanner, dsb.
2. Sub-sistem Database, Digitasi peta dasar pada berbagai wilayah/daerah cakupan dengan berbagai skala telah dan terus dilakukan dalam rangka membangun sistem database spasial yang mudah diperbaharui dan digunakan dengan data literal sebagai komponen utamanya
3. Sub-sistem Pengolahan Data, Pengolahan data baik yang berupa vektor maupun raster dapat dilakukan dengan berbagai software seperti AUTOCAD, ARC/INFO, ERDAS, MAPINFO, ILWIS.
 Untuk metode vektor biasanya disebut digitasi sedangkan raster dikenal dengan metode overlay.
 Salah satu karakteristik software GIS adalah adanya sistem Layer (pelapisan) dalam menggabungkan beberapa unsur informasi (penduduk, tempat tinggal, jalan, persil tanah, dll).
4. Sub-sistem Penyajian Informasi, Dilakukan dengan berbagai media agar mudah dimanfaatkan oleh pengguna.

Pengetahuan Peta
 Peta merupakan suatu representasi konvensional (miniatur) dari unsur-unsur (fatures) fisik (alamiah dan buatan manusia) dari sebagian atau keseluruhan permukaan bumi di atas media bidang datar dengan skala tertentu [Rockville86].
 Persyaratan geometrik yang harus dipenuhi oleh suatu peta adalah:
1. Jarak antara titik-titik yang terletak di atas peta harus sesuai dengan jarak aslinya di permukaan bumi (dengan memperhatikan faktor skala tertentu).
2. Luas suatu unsur yang direpresentasikan di atas peta harus sesuai dengan luas sebenarnya (juga dengan mempertimbangkan skalanya).
3. Sudut atau arah suatu garis yang direpresen-tasikan di atas peta harus sesuai dengan arah yang sebenarnya (seperti di permukaan bumi).
4. Bentuk suatu unsur yang direpresentasikan di atas peta harus sesuai dengan bentuk yang sebenarnya (juga dengan mempertimbangkan faktor skalanya).
Proyeksi Peta
 Merupakan teknik-teknik yang digunakan untuk menggambarkan sebagian atau keseluruhan permukaan tiga dimensi yang secara kasar berbentuk bola ke permukaan datar dua dimensi dengan distorsi seminimal mungkin.
 Distorsi dapat dikurangi dengan membagi daerah yang dipetakan menjadi bagian yang tidak terlalu luas dan menggunakan bidang datar.
a. Proyeksi UTM (Universal Transverse Mercator)
 yaitu terdapatnya garis lintang (Latitude) dan garis bujur (Longitude).
 Keuntungan Peta ini adalah menggunakan sistem koordinat global (seluruh dunia)
 Seluruh permukaan bumi, dibagi menjadi 60 bagian yang disebut sebagai zone UTM.
 Setiap zone ini dibatasi oleh dua meridian sebesar 6° dan memiliki meridian tengah sendiri.
 Sebagai contoh, zone 1 dimulai dari 180° BB hingga 174°BB, zone 2 dari 174°BB hingga 168°BB, terus ke arah timur hingga zone 60 yang dimulai dari 174°BT hingga 180°BT.
 Batas lintang adalah 80° LS hingga 84° LU. Setiap bagian derajat memiliki lebar 8° yang pembagiannya dimulai dari 80° LS ke arah utara. Bagian derajat dari bawah (LS) dinotasikan dimulai dari C,D,E,F, hingga X.
Setiap zone UTM memiliki sistem koordinat sendiri dengan titik nol sejati pada perpotongan antara meridian sentralnya dengan ekuator. Dan, untuk menghindari koordinat negatif, meridian tengah diberi nilai awal absis (x) 500.000 meter. Untuk zone yang terletak di bagian selatan ekuator (LS), juga untuk menghindari koordinat negatif, ekuator diberi nilai awal ordinat (y) 10.000.000 meter. Sedangkan untuk zone yang terletak di bagian utara ekuator, ekuator tetap memiliki nilai ordinat 0 meter.Wilayah Indonesia terbagi dalam 9 zone UTM, mulai dari meridian 90° BT hingga meridian 144° BT dengan batas paralel (lintang) 11° LS hingga 6°LU. Dengan demikian, wilayah Indonesia dimulai dari zone 46 (meridian sentral 93° BT) hingga zone 54 (meridian sentral 141° BT).
B. Non-Earth, Proyeksi Non-Earth ini merupakan proyeksi yang menggunakan koordinat lokal. Proyeksi ini biasanya digunakan untuk mendigitasi (map info) berupa suatu denah atau peta tersebut bersifat independen (hanya terdiri 1 lembar peta tersebut)
Peta @ SIG
Karakteristik Karakteristik
Statis Staris & Dinamis
Proses updating mahal Proses updating murah
Kompleks Fleksibel
Diskrit (lembar per lembar) Kontinyu & yang perlu saja
Analisa & modeling secara
langsung tidak mungkin Analisa & modeling secara langsung
sangat mungkin
Menurunkan (generate) data perlu
interpretasi Menurunkan (generate) data tidak perlu interpretasi

Kesimpulan
 SIG menggabungkan unsur peta dan informasinya
 Komponen SIG : Sistem Komputer, Data Geospasial, dan Pengguna
 Merancang Jaringan SIG melibatkan Data sumber, orang, aplikasi dan perangkat keras
 Sub sistem utama SIG adalah:
 Sub-sistem Masukan
 Sub-sistem Database
 Sub-sistem Pengolahan Data
 Sub-sistem penyajian informasi
 Peta adalah gambaran konvensional unsur fisik (alamiah dan buatan manusia) dari permukaan bumi di atas bidang datar dengan skala tertentu
 Persyaratan geometrik suatu peta adalah:
1. Jarak antara titik atas peta harus sesuai dengan jarak aslinya
2. Luas suatu unsur yang di atas peta harus sesuai dengan luas sebenarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar